Unpas Siap Gelar Wisata Edukasi

Unpas Siap Gelar Wisata Edukasi

Unpas Siap Gelar Wisata Edukasi

Himpunan Mahasiswa Bahasa Sastra In­donesia (HMBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidi­kan

(FKIP) Universitas Pasun­dan (Unpas) Bandung bakal menggelar Wisata Edukasi dalam waktu dekat ini.

Rencananya, Wisata Edu­kasi tahun 2019 ini bakal dilaksanakan selama empat hari, yakni terhitung dari tang­gal 4-7 Maret 2019 mendatang. Tujuannya adalah Yogya­karta, Jawa Tengah.

Ketua HMBSI periode 2018-2019, Jaya mengatakan, sebe­lum pelaksanaan Wisata Edukasi nanti, pihaknya ter­lebih dahulu menggelar Techi­nal Meeting, Jumat (1/3) un­tuk mematangkan persiapan dan pemberian informasi kepada para peserta nanti.

”Iya hari ini kita adakan Techinal Meeting dulu. Kita informasikan kepada para peserta

seputar Wisata Edu­kasi nanti,” ujarnya.

Rencananya, kata Jaya, Wi­sata Edukasi tahun ini akan diikuti 118 peserta yang mer­upakan mahasiswa Pendidi­kan Bahasa dan Sastra Indo­nesia (PBSI) FKIP Unpas Bandung Semester II atau angkatan 2018.

Dikatakan Jaya, tujuan ke­giatan Wisata Edukasi kali ini adalah untuk menambah

ketertarikan mahasiswa ter­hadap bahasa, satra dan bu­daya. Kemudian untuk mem­perluas wawasan mahasiswa terhadap kebudayaan yang dimiliki daerah lain.

”Kemudian, yang terpenting adalah terjalinnya hubungan baik antara mahasiswa dengan pengurus himpunan,” katanya.

Tujuan kegiatan itu meru­pakan penjabaran dari tema yang diusung dalam kegiatan tahun ini, yakni ‘Wisata Edu­kasi Sebagai Wadah Membangun Kreativitas dan Inovasi Berbahasa serta Bersastra dengan Berbasis Kearifan Lokal’.

Senada dengan tema dan tujuan itu, pihaknya memu­tuskan bahwa tujuan utama Wisata Edukasi tahun ini ada­lah Yogyakarta, Jawa Tengah. Ada beberapa tempat yang akan dikunjungi di sana, yang ten­tunya sesuai dengan tujuan.

Di antaranya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UTS), Sendratari Ramayana dan Candi Borobudur. Tiga tempat itu diharapkan bisa menambah informasi dan pengetahuan mahasiswa se­putar sastra dan kebudayaan.

”Terus, kalau wisatanya kita ada offroad ke Gunung Merapi dan Bakpia Soema­digdo,” terang Jaya.

Perihal persiapan, lanjut Jaya, sejauh ini dinilai cukup baik. Pasalnya, kegiatan ini meru­pakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal ke­pengurusan HMBSI dibawah pimpiannya. Selain itu, kun­jungan seperti ini juga selalu dilaksanakan oleh periode sebelumnya.

”Allhamdulilah sejauh ini lancar. Semoga sampah pelaksanannya lancar semua. Harapannya, pulang dari sana semua peserta dapat infomasi dan pengetahuan baru,” pungkasnya. (ziz)

 

Baca Juga :