Tumbuhan Murbei Serta Sifat, Efek Dan Bagiannya

Tumbuhan Murbei Serta Sifat, Efek Dan Bagiannya

 

Tumbuhan Murbei

Tumbuhan Murbei

Goodluckdimsum.Com – Murbei disebut Morusalba L atau Morusindica L. termasuk ke dalam famili tumbuhan Moraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah murbei, kerto atau kitau.

SIFAT KIMIAWI :

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain : alkaloida, flavonoida dan polifenol.

EFEK FARMAKOLOGIS :

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat ;
rasa dingin, diuretik, anti demam dan anti hipertensi.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN :

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, segar.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
Peluruh air seni. Daun segar 30 gram direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit mendidih, dinginkan, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak.

Demam. Daun segar 50 gram direbus dengan 3,5 gelas air selama 15 menit mendidih, dinginkan, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sehari tiga kali sama banyak.

Malaria. Daun segar 50 gram direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit mendidih, dinginkan, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sehari tiga kali sama banyak.

Tekanan darah tinggi. Daun segar 30 gram direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit mendidih, dinginkan, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak.

SumberĀ  : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/cara-menanam-buah-naga/