Pengertian Tipe Data Dan Macamnya

Pengertian Tipe Data Dan Macamnya

Tipe Data

Sebelum masuk ke pembahasan pokok mari kita bahasa pengertian singkat tipe data itu sendiri.

Tipe data umumnya dipakai untuk menentukan jenis nilai yang bisa ditampung karna suatu variabel, biasanya menyediakan tipe-tipe data yang terstruktur maupun yang sederhana. Jika anda membutuhkan tipe data yang belum ada atau tersedia, anda bisa mengartikannya sendiri tipe data yang baru biasanya disebut enumerated type.

Tipe data adalah sejenis data yang memiliki batasan tempat dan karakteristik yang sesuai dengan interprestasi data itu sendiri dan bisa diolah oleh sebuah komputer agar dapat memenuhi kebutuhan pemrograman komputer. Tipe data juga ialah termasuk tipe data primitif, yaitu character, floating point number dan interger (string). Sekumpulan dari tipe data primitif yang termasuk sejenis, dan juga dapat disatukan dalam bentuk blok yang biasa disebut array.

Dan setiap variable yang ada di dalam kode program, sebaiknya anda tentukan sendiri  dengan pasti pada tipe datanya. Ketepatan dalam pemilihan tipe data pada variable baisanya  sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama pada memori computer itu sendiri). Salah satu tugas yang tidak kalah pentingnya ialah seorang programmer harus memilih tipe data yang sesuai agar menghasilkan program yang baik atau biasa juga diartikan efisien dan berkinerja tinggi

Jenis Tipe Data

Dalam bahasa pemograman biasanya ada banyak jenis tipe data, tetapi tipe data yang ada tergantung pada jenis bahasa pemrograman yang digunakan. Secara garis besar tipe data di semua bahasa pemrograman terbagi menjadi:.

Numeric/Number

Numeric/Number adalah Tipe data yang biasa dipakai pada variabel agar menyimpan nilai dalam bentuk angka atau bilangan, angka atau bilangan tersebut merupakan bilangan real atau bias disebut juga bilangan bulat.

Tipe data Numeric/Number masih terbagi lagi menjadi 2, antara lain :

  • Tipe bilangan bulat

Bilangan bulat adalah tipe bilangan yang biasanya hanya bisa menampung data yang mempunyai nilai positif, negatif dan nol. Dalam tipe bilangan bulat itu sendiri biasanya masih dapat terbagi lagi ke beberapa golongan tergantung rentang data itu sendiri

  • Tipe bilangan pecahan

Tipe bilangan pecahan hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif, nol, yang mempunyai nilai pecahan. Dalam tipe bilangan pecahan itu sendiri sebenarnya masih dapat terbagi lagi ke beberapa golongan tergantung rentang data itu sendiri

String/Karakter

String atau Karakter biasanya dipakai pada variabel untuk menyimpan nilai berbentuk karakter sperti: ( huruf, angka, symbol atau  karakter khusus ).

Boolean

Boolean biasanya dipakai untuk menampung nilai logika, seperti nilai yang memiliki 2 buah kemungkinan ( salah atau benar ).

Selain dari tiga tipe data diatas, didalam bahasa pemrograman masih banyak tipe data yang lainnya yang mungkin tidak bisa di jelaskan dan disebutkan satu persatu. Contoh dari tipe data selain Numerik,String dan Boolean, antara lain:

  • Array

Tipe data sejenis yang mampu menampung data secara bertumpuk-tumpuk, dalam arti lain satu tipe data tetapi datanya bisa lebih dari satu.

  • Char

Tipe data char sedikit sama dengan tipe data String, tetapi jika tipe data string mempunyai panjang yang tidak tetap tetapi tipe data char bisa panjangnya selalu tetap tergantung dengan inisialisasi pertama pemesanan tipe data.

  • Time

Tipe data yang hanya mampu menampung data dalam format time (waktu).

  • Date

Yaitu sejenis tipe data yang hanya mampu menampung data dalam bentuk format tanggal.