Pengertian Moral Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Pengertian Moral Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Pengertian Moral

Moral adalah istilah manusia mengacu pada manusia atau tindakan lain yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki apa yang disebut moral yang amoral dan tidak bermoral berarti ia tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Jadi moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Menurut Immanuel Kant

Moralitas adalah jaminan dan sikap batin dan bukan hanya memenuhi beberapa aturan dari luar, apakah itu hukum negara, hukum agama atau hukum adat.

Menurut Sonny Keraf

Moral adalah patokan yang digunakan untuk menentukan apakah tindakan orang miskin sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat, atau sebagai orang dengan posisi tertentu atau profesi tertentu.

Moral secara eksplisit berkaitan dengan proses sosialisasi individu tanpa orang yang bermoral tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Moral saat ini memiliki nilai implisit karena banyak orang yang memiliki moral atau sikap tidak bermoral dari sudut pandang yang sempit. Sifat moral yang diajarkan di sekolah-sekolah dan manusia harus memiliki moral yang jika ia ingin dihormati oleh orang lain.

Moral adalah nilai-nilai mutlak dalam masyarakat secara keseluruhan. Penilaian ukuran moral budaya lokal. Moral adalah suatu tindakan / perilaku / ucapan seseorang dalam interaksinya dengan manusia. jika seseorang melakukannya sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dan komunitas rasa diterima dan menyenangkan, maka orang tersebut dianggap memiliki moral yang baik, dan sebaliknya.

Moral adalah produk dari budaya dan agama. Setiap budaya memiliki standar moral yang bervariasi sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dan telah terbangun lama.

Contoh Moral

Jika kita menemukan sebuah dokumen yang penting dan ada sejumlah uang yang terdapat di dalam tas. Seandainya kita mempunyai moral yang baik maka kita akan memberikan dokumen dan uang tersebut beserta tas itu kepada pemilik atau jika kita tidak mengetahuinya maka alahkah baiknya kita serahkan kepada pihak yang berwajib.

Baca Juga :