Pengalihan Aliran Sungai Keser ke Bendungan Tugu

Pengalihan Aliran Sungai Keser ke Bendungan Tugu

Pengalihan Aliran Sungai Keser ke Bendungan Tugu

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

(PU-Pera) membangun Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sebagai prasarana sumber air, seperti reservoir atau fasilitas bendungan.

Pembangunan itu dilakukan sebagai antisipasi kebutuhan air baku yang terus meningkat, ditambah kondisi global climate change yang bisa menimbulkan banjir dan kekeringan berkepanjangan.

“Bendungan Tugu merupakan 1 dari 65 waduk yang akan diselesaikan

pada masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Saya harap konservasi terhadap hutan yang termasuk daerah tangkapan hujan tetap dilakukan agar endapan tanah yang masuk ke bendungan semakin sedikit dan umur bendungan semakin lama,” ungkap Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU-Pera, Mudjiadi, seperti dikutip dari keterangan resminya, Jumat (19/8).

Mudjiadi meresmikan pengalihan aliran Sungai Keser dalam rangka pembangunan Bendungan Tugu di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Kamis (18/8) lalu.

Pengalihan aliran Sungai Keser merupakan proses tahap kedua

dari pembangunan Bendungan Tugu setelah dilakukan groundbreaking pada 29 Januari 2014.

Pembangunan Bendungan Tugu merupakan kegiatan pengembangan Subbasin Kali Ngrowo yang merupakan rangkaian dari Kegiatan Pengembangan Wilayah Kali Brantas dengan memanfaatkan aliran Kali Keser.

 

sumber :

https://gumroad.com/gurupendidikan/p/adventure-games-apk