Masalah yang sering dihadapi oleh petani Karet

Masalah yang sering dihadapi oleh petani Karet

Masalah yang sering dihadapi oleh petani Karet

Pertama: soal harga getah karet

Banyak para petani karet yang mengeluhkan mengenai harga jual getah karet mereka. Harga jual getah karet pada saat ini sangat rendah sehingga membuat para petani karet merasa tidak cukup dengan hasil yang diperoleh saat mereka menjual getah karet tersebut.

Kedua : Musim Penghujan

Salah satu masalah yang dihadapi petani karet adalah musim penghujan. Apabila musim penghujan petani karet harus berburu waktu dengan hujan yang tiba-tiba turun tanpa dapat diprediksi. Padahal jika hujan turun pada saat petani karet sedang melakukan penyadapan pohon karet akan membuat hasil sadapan yang berupa getah karet (Lateks) akan rusak atau hancur.

Ketiga : Mahalnya Pupuk dan Obat-obatan untuk perkebunan karet 

Ketersedian pupuk dan obat-obatan untuk perkebunan karet sangatlah penting. Selain ketersediaan, hal yang lebih penting bagi petani karet adalah harga pupuk dan obat-obatan yang murah. Tetapi pada kenyataanya harga pupuk dan obat-obatan sangat mahal sehingga petani karet sangat terbebani dengan hal ini.

Banyak cara yang dilakukan oleh para petani karet untuk meningkatkan hasil getah karet mereka. Berikut ini beberapa cara yang sangat disarankan untuk dilakukan supaya hasil getah karet bisa meningkat dan terus bertahan dengan baik.


Sumber:

https://rumahbudidaya.co.id/