Manajemen Data Telematika

Manajemen  Data  Telematika

Manajemen Data Telematika

Definisi

Pada dasarnya manajemen data melibatkan semua disiplin yang berhubungan dengan manajemen data sebagai sumberdaya yang berguna. Definisi resmi yang dicetuskan oleh DAMA (Demand Assigned Multiple Acces), tentang manajemen data ialah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan, praktik dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Definisi tersebut cukup luas dan mencakup sejumlah profesi yang tidak bersentuhan langsung secara teknis dengan aspek tingkat rendah manajemen data seperti manajemen basis data rasional.

  1. Client Server

Dalam manajemen data telematika, ada beberapa istilah yang akan sering didengar. Diantaranya adalah kata “Client Server”. Client Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain. Setiapinstance dari komputer yang meminta layanan disebut sebagaiclient, sedangkan setiap instance yang menyediakan layanan disebut sebagai server. Data yang diminta oleh client dapat diambil dari database pada sisi server yang sering disebut database server, seperi misalnya MySQL, PostgreSQL, Oracle atau SQL Server.

Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server. Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :

  1. Service (layanan)

ü  Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda

ü  Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya

ü  Server sebagai “provider”

ü  Client sebagai “server”

  1. Sharing Resources (sumber daya)

Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.

  1. Asymmetrical Protocol (protokol yang tidak simetris)

Many to one relationship antara client dan server. Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.

  1. Transparasi Lokasi

Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan. Lokasi server harus mudah diakses dari client.

  1. Mix and Match

Perbedaan server client platforms.

  1. Pesan Berbasiskan Komunikasi

Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.

  1. Pemisahan Interface dan Implementasi

Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.

Sumber : https://earlraytomblin.com/