Lindungi Masyarakat di Era Industri 4.0, Teknologi Bakal Diaudit Total

Lindungi Masyarakat di Era Industri 4.0, Teknologi Bakal Diaudit Total

Lindungi Masyarakat di Era Industri 4.0, Teknologi Bakal Diaudit Total

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Audit Teknologi Nasional secara menyeluruh. Audit teknologi berfungsi sebagai instrumen dalam menata kemandirian teknologi, inovasi, penguatan struktur industri, dan keamanan nasional serta perlindungan bagi masyarakat di era Revolusi Industri 4.0.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumain Appe, mengatakan, untuk mempersiapkan implementasi perpres tersebut, maka audit teknologi dilakukan oleh lembaga-lembaga yang sudah terakreditasi atau memiliki kemampuan audit teknologi.

Supaya mencapai hasil yang baik, maka perlu ditata dan dikembangkan

sumber dayanya, yaitu auditor dan kapasitas kelembagaannya, serta sarana prasarana yang memadai. “Apabila ada kebutuhan yang urgent, maka audit teknologi sangat diperlukan, maka kelembagaan audit teknologi harus diperkuat,” kata Jumain saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Kapasitas Kelembagaan Audit Teknologi di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Baca Juga:

Allan Bonke Mundur, XL Axiata Tunjuk David Arcelus Oses Jadi Direktur
Pelaku Jasa Boga Perlu Inovasi Digital Agar Selamat dari Lesunya Ekonomi

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti

, Ophirtus Sumule, mengatakan, FGD digelar oleh Ditjen Penguatan Inovasi sebagai antisipasi terbitnya perpres mengenai audit teknologi yang sedang diproses di Sekretariat Negara. “Salah satu mandat perpres tersebut adalah bagaimana kita merumuskan roadmap kelembagaan dari audit teknologi,” ujarnya.

Secara kelembagaan, lanjut Ophirtus, pelaksanaan audit teknologi

ada di banyak tempat sehingga harus diharmonisasikan. Dari kelembagaan audit teknologi tersebut, nantinya akan dibahas prioritas yang bakal dilakukan bersama-sama, siapa yang harus mendukung, dan siapa yang menjadi leading sektornya.

 

sumber :

https://solidaritymagazine.org/happy-pet-story-apk/