Kiat-kiat SMKN 1 Ciamis Ciptakan Sekolah Sehat

Kiat-kiat SMKN 1 Ciamis Ciptakan Sekolah Sehat

Kiat-kiat SMKN 1 Ciamis Ciptakan Sekolah Sehat

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Kalimat tersebut pantas disematkan kepada Sekolah

Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ciamis yang sukses meraih Juara I Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi tahun 2018. Kepala SMKN 1 Ciamis, Ika Karniati Sardi menjelaskan, prestasi tersebut adalah  buah usahanya menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.

Beberapa usaha itu, antara lain pembuatan tim khusus untuk sekolah sehat, pembangunan sarana dan prasarana, revitalisasi kantin, gerakan membawa misting dan tumbler serta menggerakan literasi bagi siswa.

“Awalnya kita mulai dari sarana dan prasarana, disesuaikan dengan skala prioritas.

Jadi, enggak semuanya dibangun sekaligus, tapi mana dulu yang paling dibutuhkan dan sifatnya penting, itu yang akan diutamakan,” ujarnya saat ditemui di Aula Timur Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Kamis (11/4/2019).

Pihak sekolah pun berupaya memberi penyuluhan tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. “Kita sosialisasikan, bisa dalam pembelajaran atau dalam bentuk acara, seperti lomba kebersihan antarkelas yang selalu dilaksanakan. Ditambah sosialisasi penggunaan misting dan tumbler sebagai pengganti penggunaan plastik,” katanya.

Saat ini, pihak sekolah juga fokus pada asupan gizi siswa melalui revitalisasi kantin.

Ika menjelaskan, kantin sekolahnya dikelola oleh keluarga besar SMKN 1 Ciamis sehingga kualitas makanan yang disajikan pun terkontrol baik. “Kantin sekolah dikelola oleh istri-istri guru honorer dan para caraka (pembantu di sekolah, red),” ujarnya.

Setelah semua program bergulir, hasilnya pun terlihat jelas. Ika mengatakan, sebelumnya tak sedikit siswa yang harus masuk ruang unit kesehatan siswa (UKS) karena sakit. Namun, tak lagi ditemui setelah revitalisasi kantin dan semua program dilaksanakan. “Kita juga sudah membangun UKS baru. Tapi aneh, enggak ada siswa yang ke sana. Ya itu, karena kesehatan mereka telah meningkat,” ucapnya diiringi tawa.

Ika menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan inovasi dengan membangun gazebo di sudut sekolah yang diberi tajuk “Pojok Literasi’. “Kita sedang bangun agar siswa bisa membaca di Pojok Literasi tersebut. April ini pembangunannya rampung,” pungkasnya.***

 

Baca Juga :