Ini 6 Tips Fotografi Saat Liburan

Ini 6 Tips Fotografi Saat Liburan

Ini 6 Tips Fotografi Saat Liburan

Liburan kini tak bisa lepas dari fotografi. Supaya fotomu tidak membosankan dan bisa dipamerkan, berikut tips fotografi saat kamu menikmati liburan.

Forwapar (Forum Wartawan Pariwisata) dan Kementerian Pariwisata membuat diskusi dengan tema Clinic: Capturing Moment Calender of Event yang digelar di Hotel Ashley, Jakarta, Senin (29/7/2019). Dalam diskusi ini diberikan tips fotografi oleh Ardiles Rante, jurnalis AFP dan Reuters. Inilah tipsnya:

1. Cari informasi acara atau destinasi yang didatangi

Jalan-jalan tak cuma destinasi, tapi juga menikmati atraksi yang diberikan daerah tersebut. Saat menikmati sebuah event atau kegiatan, layaknya peserta lain, traveler pasti ingin mengabadikan momen terbaik acara tersebut, contohnya saja Jember Carnaval Festival.

“Untuk mendapatkan foto yang bagus diperlukan persiapan yang bagus. Harus tahu persiapan acaranya, rancangan dan desain terbaru,” ujar Ardiles Rante, Jurnalis AFP, Reuters.

2. Persiapkan alat

Selain urusan konten, traveler juga harus mempersiapkan alat dengan baik. Baterai, lensa, memori dan perlatan lainnya harus siap untuk segala kemungkinan.

3. Berpikir kreatif

“Think before shoot, berpikir lebih dalam. Ada momen-momen tertentu yang membutuhkan effort atau usaha,” ujar Ardiles.

4. Jangan mengulang foto

Traveler bisa memulai dengan mengambil gambar secara luas kemudian lebih menyempit atau detail acara.

“Jangan mengambil foto dengan pengulangan di satu tempat,” tambah Ardiles.

5. Terus mencoba

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah latihan. Untuk mengambil momen penting dalam acara budaya, perlu penguasaan daerah dan pengenalan penduduk.

“Contohnya waktu Saya di Lembata, mengabadikan perburuan paus yang jadi budaya. Saya butuh waktu 12 tahun untuk mendapatkan foto tersebut. Awalnya dicuekin penduduk, setelah terus-terusan jadi kenal. Gunakan waktu luang untuk berkenalan dengan penduduk setempat,” cerita Ardiles.

6. Jeli mengambil foto

Selain persiapan diri yang matang, kejelian juga harus diperhatikan dalam mengambil foto. Asthie Wendra, Show Director Prambanan Jazz juga menambahkan tips foto saat event Prambanan Festival Jazz.

“Cari masterpiecenya. Kalau Prambanan Festval Jazz ada Candi Prambanan sebagai Masterpiece-nya. Kemudian dikawinkan dengan identitas acara yang adalah giant letter,” tutur Asthie.


Baca Artikel Lainnya: