Festival Karya Anak dan Remaja Siapkan Generasi Abad 21

Festival Karya Anak dan Remaja Siapkan Generasi Abad 21

Festival Karya Anak dan Remaja Siapkan Generasi Abad 21

Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

(Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD Dikmas) menyelenggarakan Festival Anak dan Remaja di kantor pusat Kemendikbud, Jakarta (28/11/2017).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong anak-anak menjadi kreatif sejak usia dini, serta menyiapkan generasi millennials, yaitu generasi abad 21. Terdapat empat hal yang harus ditanamkan di dalam diri anak sejak dini, yaitu kemampuan berpikir kritis, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, mampu membangun kerja sama dan berkolaborasi, serta memiliki keterampilan komunikasi.

“Keempat hal tersebutlah yang akan menjadi bekal untuk anak-anak kita,

dan saya berpesan kepada Direktur Pembinaan dan Keluarga agar kegiatan ini berlangsung tidak di daerah Jakarta saja, akan tetapi juga di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal. Karena mereka juga membutuhkan kegiatan seperti ini,” ujar Mendikbud.

Direktur Jenderal (Dirjen) Paud dan Dikmas, Harris Iskandar dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini juga mempunyai empat tujuan pokok. Pertama, yaitu untuk menyosialisasikan program pendidikan keluarga dan masyarakat. Kedua, untuk memberikan ruang bagi anak dan remaja dalam mengekspresikan kepedulian mereka terhadap dongeng, buku, dan musik. Ketiga, meningkatkan pemahaman keluarga tentang pentingnya kebiasaan dongeng, memainkan atau mendengarkan musik, membaca buku, dan menonton film yang mempunyai pesan-pesan positif, serta yang terakhir adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya bangsa Indonesia yang sangat kaya.

Dalam rangkaian kegiatan festival ini, terdapat penampilan dongeng

yang dibawakan oleh Khofifah Aqsha, siswi dari SMA Negeri 113 Jakarta, dengan dongengnya yang berjudul Sayembara. Kemudian ada Aji Triansyah dari SLBN A Kota Bandung dengan dongeng musiknya. Selain itu juga ada Ilham Akbar siswa dari SMA School of Human Bekasi dan Dita Febriana siswi SMA Islam Al-Layyinah Tanggerang. (Hikmatul Jannah/ Shahwin Aji).

 

Baca Juga :