CIRI PASAR MONOPOLI

Table of Contents

CIRI PASAR MONOPOLI

CIRI PASAR MONOPOLI

  1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
  2. Penampilan baik dalam bentuk lokasi penjualan maupun service merupakan upaya mendapatkan laba maximum.
  3. Penjual tunggal ini tidk dipengaruhi dan tidak mempengaruhi harga serta output dari produk-produk lain yang dijual perekonomian.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERWUJUDNYA PASAR MONOPOLI.

  1. Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
  2. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
  3. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.

PERATURAN-PERATURAN YANG MEWUJUDKAN KEKUASAAN MONOPOLI ADALAH :

  1. Peraturan Patent dan Hak Cipta.

Hak cipta atau hak paten adalah suatu jaminan hokum untuk menghindari penjiplakan. Agar usaha mengembangkan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan barang baru akan memberi keuntungan kepada perusahaan, haruslah pemerintah melarang dan menghukum kegiatan menjiplak tersebut.

  1. Hak Usaha Eksklusif.

Tanpa adanya hak eksklusif untuk berusaha sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan untuk menikmatiskala ekonomi secara maksimum. Sebagai akibatnya setiap perusahaan akan menetapkan harga/tarif yang tinggi ke atas barang/jasa yang dihasilkannya.

    Karena dalam moonopoli kekuasaan pengusaha tunggal pada suatu pasar dapat menjadi amat besar,maka biasanya pemerintah ikut campur tangan dalam sector yang dikuasai oleh monopolis tersebut mencegah jangan sampai besarnya kekuasaan tersebut di slahgunakan.

   Sampai sekarang ini mungkin orang memperoleh kesan bahwa monopoli itu buruk. Oleh karena itu dibutuhkan pengendalian monopoli. Pengendalian dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu: metode pengendalian harga dan perpajakan. Pengendalianharga menghasilkan output yang bersaing murni dan laba berbeda,metode pengendalian ini semua menghasilkan hasil yang agak berbeda.

Sumber : https://profilesinterror.com/