BNN Kota Bandung Bekali 25 Guru SMP

BNN Kota Bandung Bekali 25 Guru SMP

BNN Kota Bandung Bekali 25 Guru SMP

Sebanyak 25 orang peserta yang terdiri dari guru Bimbingan Konseling (BK) dari 25 SMP

negeri dan swasta di Kota Bandung mengikuti kegiatan Pelatihan Penanggulangan Narkoba. Kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Bertempat di D’Palm Resto, Rabu-Kamis (10-11/6) lalu, kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan dan kemampuan para Anggota Satgas Anti Narkoba Komuniti Guru dalam hal pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah. Supaya terwujud lingkungan pendidikan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Bandung.

’’Saya berharap para peserta kegiatan dapat mengikuti dan memperhatikan dengan baik setiap materi

yang diberikan oleh narasumber. Agar, setelah kegiatan pelatihan ini berakhir, para guru yang mengikuti kegiatan pelatihan ini dapat menjadi satgas anti narkoba yang memiliki ketrampilan dan kemampuan dalam hal pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika di lingkungan sekolahannya masing-masing,’’ ujar Kepala BNN Kota Bandung AKBP Yeni Siti Saodah SSos MH saat memberikan sambutan.

Pada hari pertama kegiatan pelatihan, para peserta diberikan beberapa pemahaman materi. Di antaranya, teori mengenai rehabilitasi dan konseling, teori mengenai pola penanganan dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan, serta perananan satgas anti narkoba di lingkungan pendidikan dalam upaya P4GN.

Sedangkan pada hari kedua pelatihan, para peserta diarahkan untuk mempraktikkan beberapa teori

yang sudah disampaikan pada hari pertama pelatihan. Yakni, praktik konseling, studi kasus mengenai pola penanganan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan, dan praktik pembuatan proposal kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi aktif lingkungan pendidikan dalam upaya P4GN.

Dalam kegiatan praktik pembuatan proposal kegiatan yang mendukung upaya P4GN di lingkungan sekolah, masing-masing peserta membuat proposal dan mempresentasikan kepada tim BNN Kota Bandung. Nantinya, dari 25 proposal kegiatan yang diajukan oleh masing-masing sekolah tersebut akan diseleksi 15 proposal terbaik untuk mendapatkan dana fasilitasi pemberdayaan masyarakat komuniti guru di lingkungan pendidikan masyarakat dari BNN Kota Bandung

 

Baca Juga :