Bersiap Memasuki Era 5G

Bersiap Memasuki Era 5G

Bersiap Memasuki Era 5G

Tahun 2019 tampaknya akan menjadi tahunnya teknologi jaringan terbaru

generasi kelima alias 5G. Sejumlah negara sudah siap bertransisi untuk mengadopsi teknologi tersebut mulai tahun ini, seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Amerika Serikat, dan beberapa negara Uni Eropa.

Namun, Indonesia tampaknya belum akan memasuki era 5G tahun ini mengingat masih banyak kendala yang perlu dibereskan, semisal penetapan frekuensi jaringan untuk 5G.

Lalu, apa sebenarnya teknologi 5G? Apa kecanggihannya ketimbang 4G? Berikut penjelasan yang Media Indonesia rangkum dari Snapdragon Academy 2.0, akhir Desember lalu.

Teknologi 5G merupakan teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima

yang dikembangkan industri. Ditengok ke sejarahnya, teknologi telekomunikasi modern generasi pertama mulai berkembang pada 1980-an yang dikenal dengan nama 1G, teknologi pionir tersebut memiliki fitur unggulan, yaitu analog voice alias komunikasi suara secara analog.

Memasuki 1990-an, mulai berkembang generasi 2G dengan fitur utama digital voice

atau komunikasi suara secara digital. Generasi ketiga alias 3G mulai berkembang pada 2000-an, mengusung fitur unggulan mobile internet yang menjadi awal mula perkembangan internet di dunia.

Memasuki 2010 ke atas, masyarakat dunia disuguhkan dengan teknologi telekomunikasi generasi keempat, 4G. Fitur-fitur unggulannya ialah mobile broadband yang sekarang kita nikmati. Jaringan pita lebar memungkinkan koneksi internet yang lebih cepat. Hal itu mendorong berkembangnya konektivitas antargawai yang semakin beragam, juga dikembangkannya era kendaraan swakemudi, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga :