Bangun Karakter Siswa, TNI Dilibatkan

Bangun Karakter Siswa, TNI Dilibatkan

Bangun Karakter Siswa, TNI Dilibatkan

Pembangunan karakter siswa tengah menjadi fokus Kemen­terian Pendidikan dan Kebu­dayaan

. Upaya mewujudkan­nya pun tak main-main. Sebab, anggota TNI dilibatkan Men­teri Pendidikan dan Kebu­dayaan (Mendikbud), Muhad­jir Effendy, dalam memberi­kan pengajaran terkait karak­ter siswa.

Muhadjir mengaku sengaja menggandeng TNI dalam program Penguatan Pendidi­kan Karakter (PPK) siswa. Sebab, TNI lebih mudah men­jangkau seluruh wilayah In­donesia.

“Kenapa TNI bukan yang lain? Bisa saja dengan lain, tapi kita sering kerja sama dengan TNI

dan TNI punya koramil, lanud, jajaran dan fasilitas yang lengkap untuk meng-kaver seluruh Indone­sia lebih mudah,” katanya.

Selain itu, Muhadjir juga akan menemui Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka untuk dilibatkan dalam masa orien­tasi peserta didik baru. Men­urut dia, masa orientasi itu harus bersifat multidimensi tak cukup hanya dalam tiga hari. ”Saya segera bertemu Kwarnas untuk melibatkan pramuka, terutama di luar jalur sekolah untuk menanga­ni. Jadi, urusan peserta didik baru terutama pada masa orientasi harus multidimen­sional. Saya sudah minta pe­kan pengenalan sekolah tak berlangsung tiga hari, tapi satu semester penuh tiap Sabtu-Minggu dipakai penge­nalan sekolah,” bebernya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Mendikbud Muhadjir Effendy

menandatangani kerja sama tentang Pengenalan Ling­kungan Sekolah (PLS) 2019. TNI akan terlibat dalam pro­gram Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemendikbud. ”Intinya, kami akan melibat­kan personel TNI seluruh Indonesia untuk ikut meny­ukseskan, berpartisipasi dan mengisi materi-materi pela­tihan yang memang cocok dan relevan kalau itu dilakukan TNI,” katanya.

Muhadjir menjelaskan, pe­libatan TNI itu untuk mem­bentuk karakter siswa-siswi di seluruh tanah air. Terutama seperti penanaman disiplin, bela negara dan cinta tanah air. Hal itu penting dilakukan lantaran saat ini banyak dite­mukan siswa-siswi yang ber­perilaku indisipliner. ”Oleh karena itu, kita minta ban­tuan TNI yang bisa menanam dan membentuk karakter disiplin siswa kita,” ujar Mu­hadjir.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3R25WYF