BADAN USAHA DALAM TATA EKONOMI

BADAN USAHA DALAM TATA EKONOMI

BADAN USAHA DALAM TATA EKONOMI

Dalam  zaman masyarakat primitive manusia

memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri atau dengan cara barter yaitu tukar menukar barang yang dia milki dengan barang yang mereka inginkan dengan orang lain.

   Tetapi di zaman sekarang tentu kegiatan semacam itu tidak efisien karena seiring pertumbuhan populasi manusia semakin banyak juga kebutuhan yang mereka harus penuhi dan tukar menukar barang dapat merugikan sepihak atau pihak lain,oleh karena itu kegiatan industry dan perdagangan berkembang pesat di era sekarang.

     Semaking berkembangnya perekonomian manusia menemukan suatu alat pembayaran yang disebut uang, uang sangat berfungsi sekali karena terdapat nilai nominal untuk member hargasuatu barang yang akan dijual ataupun yang akan dibeli.

  1.  BISNIS DAN RUANG LINGKUPNYA

Bisnis berasal dari kata business yang identik dengan firm: goods and services.Dan di Indonesia bisnis identik dengan perusahaan.menurut istilah bisnis adalah kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan  dan menjual barang atau jasa guna memperolehkeuntungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut brown dan potrello bisnis adalah: suatu lembaga yang memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat

  C Pengertian bisnis memuat 4 aspek, yaitu:

1.suatu kegiatan usaha

2.menghasilkan barang dan jasa

3.mendapat laba/keuntungan

4.memenuhi kebutuhan masyarakat

 

SUMBER EKONOMI

     1.manusia(men):sebagai sumber ekonomi kerena manusia memilik         tenaga,keterampilan,dan keahlian/skill untuk menciptakan/ membuat suatu barang yang  berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

     2.uang(money):uang berfungsi sebagai modal perusahaan untuk membeli alat alat yang dapat menunjang dan membantu kegiatan produksi barang tersebut,perusahaan harus denga baik mengelola keuangan nya dikarenakan agar perusahaan tersebut dapat berkembang dan tidak deficit.

      3.material(materials):merpukan factor pendukung utama proses produksi  seperti bahan baku,bahan pembantu dan barang lain lain.

       4.metode(methods):merupakan ide ide kreatif untuk mengorganisir  dan mengordinasi factor factor lainya agar tercipta kreatifvitas untuk membuat sebuah produk.

E.TUJUAN BISNIS

    1.tujuaan ekonomi yaitu untuk memperoleh keuntungan.

    2.tujuuan social untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari hari.

KLARIFIKASI BISNIS

      Usaha pertanian,produksi barang mentah,pabrik/manufactur,perdangan,transformasi,financial,usaha jasa,usaha yang dilakukan pemerintah/BUMN.

PERUSAHAAN KECIL DAN BESAR

    Dalam kegiatan kewirausahaan dapat dimulai dari perusahaan kecil yang kepemilikannya berasal dari keluarga,membeli perusahaan yang telah ada,ataupun mendirikan perusahaan baru, dan bentuk bisnis secara umum dapat berupa bisnis kecil(informal) dan bisnis modern / formal.

Sumber : https://solopellico3p.com/