Aset Wisata Kabupaten Pati

Table of Contents

Aset Wisata Kabupaten Pati

Aset Wisata Kabupaten Pati

Sejarah Gunung Rowo dimulai ketika Laksamana Cheng Ho mengunjungi Sunan Muria. Kemudian, ketika melihat objek wisata yang saat ini dinamakan Gunung Rowo, mereka berdua memiliki pendapat yang berbeda. Sunan Muria menganggapnya sebagai “gunung”, sedangkan Laksamana Cheng Ho berpikir bahwa tempat tersebut berupa “rawa”. Oleh karena itu, untuk menengahi perselisihan tersebut, tempat tersebut dinamakan Gunung Rowo yang merupakan gabungan dari kata gunung dan rawa.

Itulah mitos yang saya dengar dari ibu saya. Tentang kebenaran cerita tersebut pun saya tidak yakin. Apakah seorang laksamana yang begitu terkenal dan dipuja mau menjalin hubungan dengan Sunan Muria? Apakah Laksamana Cheng Ho dan Sunan Muria hidup di zaman yang sama? Percaya atau tidak, hal itu tergantung dari diri kita sendiri. Mitos merupakan cerita dari mulut ke mulut yang tidak diketahui kebenarannya. Oleh karena ceritanya beredar dari mulut ke mulut, maka pengarangnya pun anonim alias tidak diketahui.

Gunung Rowo merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Pati yang patut mendapatkan perhatian, selain Goa Pancur, air terjun, dan lain sebagainya. Gunung Rowo terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong (dekat dengan SDN Sitiluhur), kurang lebih sekitar 15 kilometer dari pusat kota melewati Desa Tamansari, Purwasari, Guwo. Jarak yang cukup jauh apabila ditempuh dengan menggunakan sepeda motor.

Sumber : https://downloadapk.co.id/